Program Alih Jalur D3 Ke S1
- Gelombang Dini : 27 Desember 2022 s/d 2 April 2023.
- Gelombang 1 : 3 April 2023 s/d 4 Juni 2023.
- Gelombang 2 : 5 Juni 2023 s/d 9 Juli 2023.
- Gelombang 3 : 10 Juli 2023 s/d September 2023.
- Pendaftar alih jalur harus berasal dari lulusan jenjang D3 yang sesuai dengan Prodi S1 di UTY.
- Status akreditasi yg tertulis di ijazah atau transkrip nilai prodi asal (D3) minimal sama atau lebih tinggi dengan prodi tujuan di UTY (S1).
- Usia maksimal pendaftar kelas alih jalur (transfer) adalah 26 tahun (pada 31 Desember 2023), pendaftar lahir 31 Desember 1997 atau sesudahnya.
- Khusus Program Studi Teknik Sipil, Psikologi, Sains Data, Informatika Medis dan Destinasi Pariwisata tidak menerima alih jalur dari D3.
- Khusus Program Studi Arsitektur harus tidak buta warna
- Proses tes seleksi penerimaan mahasiswa baru dilakukan di kampus 1 UTY, d.a. Jl. Siliwangi (Ringroad Utara), Jombor, Sleman, D.I. Yogyakarta
- Tanggal tes seleksi yang bisa dipilih maksimal 7 hari setelah melengkapi berkas (selain hari libur)
- Biaya pendaftaran Rp. 150.000 rupiah.
- Batas pembayaran pendaftaran adalah 2 x 24 jam setelah mendaftar.
- Batas melengkapi berkas-berkas dan formulir pendaftaran 5 x 24 jam setelah mendaftar.
- Tanggal tes seleksi yg bisa dipilih maksimal 7 hari setelah melengkapi berkas (selain hari libur).
- Contoh: pendaftaran tanggal 1 Januari (jam 10.00) maka batas pembayaran 3 Januari (jam 10.00) dan batas upload berkas 6 Januari (jam 10.00).
Mengajukan konversi nilai melalui email [email protected]
- Subjek : Konversi Nilai - Nama Lengkap.
- Format email : Nama, NIK, Prodi awal (D3), Prodi tujuan (S1)
- Lampiran : File scan Ijazah D3 dan Transkrip Nilai D3
Berkas akan diproses maksimal 7 hari kerja oleh Pengelola Prodi. Jika hasil konversi disetujui maka boleh melanjutkan pendaftaran. Jika tidak disetujui maka proses berhenti sampai di sini.
Berkas pendaftaran yang harus di unggah :
- Pas foto ukuran 3x4 (bebas, boleh hitam putih ataupun berwarna).

Pengumuman hasil seleksi diberikan 1 hari kerja setelah tes tertulis dan wawancara.