Informasi Program Studi UTY

UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA

UTY berkomitmen menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan selalu meningkatkan kualitas proses belajar mengajar yaitu melalui dosen, laboratorium-laboratorium, fasilitas pendidikan, media pembelajaran, perpustakaan, group discussion, pengembangan dan kegiatan kemahasiswaan, dengan membuka program studi PROSPEKTIF sehingga sesuai dengan slogan The Better Choice yang berarti pilihan lebih baik . Komitmen UTY juga diwujudkan dengan:

  1. Laboratorium memadai
  2. Kualitas Dosen (Dosen Profesor, Doktor dan Master)
  3. Ruang Kuliah representative
  4. Kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri, dan dengan industri global
  5. Kerjasama khusus dengan Microsoft Corp. Fasilitas Sertifikasi Microsoft khusus bagi Mahasiswa UTY, Fasilitas penyimpanan online melalui One Drive Microsoft 1 Tera untuk setiap Mahasiswa UTY
  6. Prestasi mahasiswa di tingkat internasional maupun nasional
  7. Fakta banyaknya lulusan UTY yang sudah berkerja maupun belum wisuda
  8. S1 dapat ditemuh 3,5 tahun (7 semester) dan D3 dapat ditempuh 2,5 tahun (5 semester).

AKUNTANSI D3 (Akreditasi A)

Prodi Akuntansi yang sudah terakreditasi A. Menyiapkan mahasiswa untuk menduduki posisi profesional menengah dengan kemampuan melaksanakan fungsi-fungsi akuntansi, menyusun laporan keuangan perusahaan jasa, dagang dan manufaktur serta mampu mengoperasikan sistem informasi akuntansi. Lulusan dapat berkari di bidang akuntan di berbagai perusahaan (BUMN, Perbankan, Instansi Pemerintah, Kantor Akuntan Publik).

AKUNTANSI S1 (Akreditasi A)

Merupakan prodi akuntansi dengan reputasi sangat baik ditingkat nasional. Proses pendidikan dirancang untuk menciptakan akuntan profesional baik sebagai akuntan internal, konsultan, maupun akuntan publik. Sejak tahun 2000 nasional seperti PT. Pupuk Indonesia Energi (BUMN), Nasional Hospital serta beberapa Kantor Akuntan Pubik di Indonesia.

Lulusan dapat berkerja disemua bidang perdagangan, industri, pemerintahan, akuntan pendidik, dan menjadi akuntan publik. Secara spesifik lulusan akuntansi dapat menspesialisasi pada bidang perpajakan, pemeriksaan keuangan/auditing, sistem dan komputerisasi akuntansi, serta finance. 

MANAJEMEN S1 (Akreditasi A)

Manajemen S1 sudah terakreditasi A. Merupakan ilmu yang fokus ada pengelolaan sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi, perkembangan Ilmu Manajemen Juga sejalan dengan era globalisasi dan era Information Communication Technology (ICT) yang menurut kemapuan istimewa dalam menganalisis dan memecahkan permasalahan  manajerial. Kuriulum dirancang untuk menembangkan keterampilan pengelolaan bisnis terdiri pemasaran, manajemen strategi, proses dan teknologi produk, finance, SDM dan hubungan kerja, analisa bisnis, serta entrepreneurship. 

Lulusan disiapkan untuk menjadi manajer dalam berbagai tinkatan dan jenis perusahaan, sebagai wirausahawan, pendidik, dan peneliti dalam bidang bisnis.

MANAJEMEN INFORMATIKA D3 (Akreditasi A)

Telah terakreditasi A dan merupakan prodi yang akan menghasilkan lulusan yang berkarakter pribadi unggul dengan ketrampilan dibidang administrasi database, pemrograman dan administrasi web yang mampu beradaptasi dengan perkembangan dibidangnya. Kurikulum disusun berbasis kompetensi, yang berisi bidang teknologi informasi dan bisnis, sehingga para mahasiswa akan diuji berdasarkan kemampuan kompetensinya misalnya aplikasi berbasis web, multimedia dan desktop.

Peluang kerja lulusan diantaranya sebagai programmer, staff IT Manajemen, perbankan, administrasi berbasis IT, operator multimedia, dan analisis IT.

TEKNIK INFORMATIKA S1 (Akreditasi A)

Merupakan prodi yang sudah terakreditasi A. Berkomitmen menghasilkan tenaga IT profesional dibidang sistem cerdas, basis data dan sistem web. Kurikulum dirancang untuk menghasilkan tenaga IT profesional khususnya software yang terdiri sistem cerdas, sistem basis data dan sistem berbasis web. Serta program sertifikasi oleh MICITA (Microsoft Innovation Centre IT Academy).

Prospek kerja luas terutama sebagai : Software engineer, IT system analyst, konsultan IT, database administrator, perancang dan pemelihara web. Programmer intelligent system developer dengan sistem pakar, image recognizer, prediction system, data miner, dll

SISTEM INFORMASI S1 (Akreditasi B)

Sudah terakreditasi B dan merupakan bidang ilmu yang mentransformasikan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari, menggabungkan teknologi informasi dengan manajemen dan bisnis. Kurikulum diarahkan untuk menghasilkan sarjana komputer yang menguasai pengembangan sistem informasi, metode-metode dan peralatannya (bahasa pemrograman dan database) serta manajemen sistem informasi, untuk mendukung proses interaksi dari orang, data, proses dan teknologi informasi.

Lulusan dapat berkarier sebagai technopreaner/pengembang sistem informasi, perancang dan pengelola database dan sistem informasi, software engineer, information manager, pendidik, wirausahawan dibidang sistem informasi.

TEKNIK ELEKTRO S1 (Akreditasi B)

Terakreditasi B. Konsentrasi kurikulum pada telekomunikasi, controller dan elektronika digital, sesuai kebutuhan industri saat ini. Dengan materi IT yang kental serta dukungan club robotika, lulusan teknik elektro UTY terbuka luas memasuki dunia kerja pada perusahaan telekomunikasi, manufaktur, kontrakan, tambang, minyak, serta pemerintahan. Terbuka juga peluang untuk menjadi akademisi dan wirausahawan.

SISTEM KOMPUTER S1 (Akreditasi B)

Prodi sistem komputer telah terakreditasi B, Kurikulum disusun mencakup teknologi informasi dan teknik elektro, untuk menyiapkan lulusan menguasai teknologi komputer (hardware), serta software terdiri pemrograman, multimedia, dan jaringan.

Peluang karier lulusan antara lain sebagai engineer dibidang computer network, computer hardware, computer database, computer factory, microprocessor developer, computer dan robotik.

ARSITEKTUR S1 (Akreditasi A)

Prodi arsitektur telah terakreditasi A, dibekali kemampuan matematika, sains, teknologi, seni, humaniora. Arsitektur UTY memiliki kekhasan fokus keilmuan yaitu mampu menguasai Detail Engineer Design (DED) didukung bekal bidang struktur dan infrastruktur serta menghitung rencana anggaran biaya (RAB). Kurikulum diarahkan untuk membekali lulusan dengan kompetensi dan ketrampilan desain dasar yang didukung oleh pemahaman mengenai konservasi lingkungan, sistem struktur dan material, selubung bangunan, keselamatan bangunan, kondisi site dan bangunan, legal context, perilaku manusia, human diversity, aksesibilitas, ekonomi bangunan, dan keterampilan grafis berbasis komputer.

TEKNIK SIPIL S1 (Akreditasi B)

Telah terakreditasi B. Kurikulum dirancang untuk menyiapkan sumberdaya manusia dengan kompetensi dibidang transportasi, struktur dan pengelolaan sumberdaya air yang berwawasan lingkungan, yang mampu untuk merencanakan dan merancang jalan, gedung ataupun jembatan serta dapat mengelola sumberdaya air secara cepat. Bidang kerja yang dapat digeluti antara lain di konsultan, kontraktor, instansi pemerintah, akademisi maupun berwirausaha.

TEKNIK INDUSTRI S1 (Akreditasi B)

Merupakan prodi yang terakreditasi B dan prodi teknik industri UTY menjawab kebutuhan nasional terhadap pakar rekayasa industri (industrial engineering) yang berkemampuan merancang, meningkatkan, mengoperasikan dan memelihara sistem manufaktur dan jasa terintegrasi dan multi tingkatan dalam rangka peningkatan produktifitas dan kualitas melalui pemecahan masalah yang tersetruktur. Kurikulum dirancang dengan memadukan ilmu manajemen dan ke-teknikan khususnya manufaktur, untuk membentuk sarjana yang memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam perencanaan, pengoperasian sistem produksi, pengorganisasian sistem industri, material, mesin dan peralatan serta informasi dan energi secara integral, efektif dan efisien.

Lulusan disiapkan menjadi manajer industri, konsultan, pendidik, dan wirausahawan.

PERENCANAAN WILAYAH KOTA S1 (Akreditasi C)

Terakreditasi C. merupakan program studi yang bertujuan mengembangkan keahlian merencanakan wilayah dan kota agar mampu menciptakan suatu lingkungan hidup yang dapat dihuni dan produktif melalui penataan ruang kegiatan sosial ekonomi, sehingga diperlukan pemikiran yang multi disiplin. PWK menghasilkan tenaga perencana wilayah dan kota dengan kualifikasi akademik dan profesional yang mampu berkiprah didalam perencanaan wilayah dan kota.

Prospek kerja lulusan PWK yaitu berkarier di instansi pemerintah (Tata Ruang, Cipta Karya, Bina Marga, Pengairan), Swasta (Real Estate, Jasa Penilai, Konsultan PWK, Pelayanan Publik), LSM (bank Dunia, UNDP, dll).

PSIKOLOGI S1 (Akreditasi B)

Telah terakreditasi B. Merupakan prodi yang semakin banyak dibutuhkan lulusannya hampir disemua bidang usaha baik pemerintah maupun swasta, bahkan dunia kesehatan, kepolisian, pendidikan dan entertainment pun sangat membutuhkan lulusan Psikologi. Proses belajar mengajar didukung oleh dosen-dosen berpengalaman dan psikolog profesional untuk membuktikan bahwa UTY ingin menghasilkan lulusan-lulusan terbaik dibidangnya. Dalam proses belajar mengajar yang berkualitas tersebut diharapkan psikologi S1 UTY dapat memiliki kemampuan dalam menangani problema yang dihadapi individu, organisasi dan masyarakat.

Keunggulan psikologi S1 UTY : menggunakan pendekatan experiental learning dalam proses pendidikan, konsentrasi pada bidang utama dalam psikolgi yakni: Psikologi industri & Organisasi, Psikologi Pendidikan & Perkembangan, Psikilogi Klinis, Psikologi Sosial, workshop dan kajian rutin.

Peluang karier lulusan: Bidang industri dan organisasi: Psikologi perilaku konsumen, Psikologi militer, peneliti, SDM-Bidang kesehatan & konseling : Psikologi Klinis, Psikologi Konseling - Bidang pendidikan : dosen, trainer, guru sekolah dasar dan menengah.

SASTRA INGGRIS S1 (Akreditasi A)

Prodi sastra inggris telah terakreditasi A. Proses pendidikan dirancang dengan konsep single entry multi exits, dengan dukungan native speaker. Yaitu dengan general input dari lulusan SLTA. lulusan prodi sastra inggris UTY disiapkan untuk memasuki lapangan kerja sebagai international company /  organization officer, office management, company copywriter, editor, production house, reporter/interviewer, announcer/host (tv-radio), script-writer, teacher, english correspondence, translator, writer, executive secretary, public relation, guide dan cruiser crew.

BAHASA INGGRIS D3 (Akreditasi B)

Telah terakreditasi B dengan kurikulum dirancang berkonsep  single entry multi exits. Mengandung makna bahwa mahasiswa pada semester awal perkuliahan dibekali dengan kompetensi bahasa inggris yang terdiri dari knowledge (grammar, pronounciation, vocabullary, dan cross culture understranding) dan four language skills (listening, speaking, reading dan writing) sehinga  diibaratkan masuk melalui satu kemampuan yang sama (single entry) lulus dengan berbagai kemampuan (multi exits). Mulai semester ke-4 hingga akhir, mahasiswa dibekali dengan kompetensi-kompetensi spesifik yang disesuaikan dengan bidang kerja yang menjadi minat mereka saat lulus.

Lulusan diharapkan mampu bekerja dalam bidang pendidikan bahasa inggris, komunikasi media, manajemen dan administrasi bisnis.

BAHASA JEPANG D3 (Akreditasi B)

Prodi bahasa jepang terakreditasi B. Proses pendidikan dirancang sesuai standar internasional yang menitik beratkan pada 4 (empat) kemampuan dasar bahasa, yaitu mendengar/menyimak (chookai), berbicara (kaiwa), membaca (dokkai), dan menulis (kana dan kanji), ditambah pemahaman lintas budaya Indonesia - Jepang (li Bunka Rikai) serta bimbingan praktek budaya jepang seperti cha no yu, origami, kitsuke (penggunaan pakaian Yukata - Kimono), dan aneka kuliner Jepang. Semua dosen pernah mengikuti Overseas Japanese Teacher Program di Jepang.

Lulusan dapat berkarier sebagai pendidik, officer perusahaan yang berakses dengan jepang, praktisi/instruktur bahasa  Jepang dibidang bisnis dan pariwisata.

HUBUNGAN INTERNASIONAL  S1 (Akreditasi C)

Terakreditasi C. Peluang kerja lulusan prodi Hubungan Internasional yang merupakan aspek unggulan yakni dapat bekerja dalam berbagi profesi baik di dalam maupun di luar negeri. Lulusan dapat berkarier sebagai : Diplomat, Konsulat, Atase, Staff Kedutaan Besar, Department Luar Negeri. Organisasi Internasional, sebagai akademisi, peneliti, analisis, jurnalis, birokrat, Konsultan bisnis internasional, sebagai penerjemah, public relation officer, penyunting naskah.

ILMU KOMUNIKASI  S1 (Akreditasi C)

Merupakan prodi yang telah terakreditasi C. Ilmu Komunikasi UTY berupaya membekali mahasiswanya dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan tentang konsep-konsep dasar dan teori ilmu komunikasi, aplikasi media modern. Selain itu pada mahasiswa dibekali secara mendalam tentang publikasi, marketing, public relation, manajemen modern, pengetahuan sosial dan politik.

Lulusan dapat berkarier dibidang industri televisi, surat kabar dan radio (reporter, announcer, documenter maupun produser pemberitaan). Selain itu juga bisa sebagai public relation di departemen/ perusahaan pemerintah/ swasta dengan kompetensi kehumasan yang handal serta terampil dalam komunikasi pemasaran.

PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI S1 (Akreditasi B)

Prodi Pendidikan Teknologi Informasi UTY terakreditasi B, dirancang untuk mencetak tenaga pendidik yang terampil dan profesional dibidang pendidikan teknik informatika. Kompetensi pendidikan diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang mampu berkarier sebagai pendidik (formal/ non formal) serta profesi lain seperti konsultan dan pengembang program pendidikan evaluator dan pengembang media pembelajaran, staff ahli, konsultan sumber daya manusia, trainer maupun peneliti.

PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS S1 (Akreditasi B)

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) telah terakreditasi B. PBI UTY terus berkomitmen memajukan dunia pendidikan dengan mempersiapkan generasi muda untuk dapat tampil di kancah Internasional (Go Global). Untuk intu PBI membentuk dan mengembangkan tenaga pendidik yang terampil dan profesional sesuai kebutuhan penguasaan bahasa inggris dan teknologi pembelajaran. Kurikulum, proses belajar mengajar dan fasilitas yang dirancang untuk mencetak profesional yang mampu berkarya dibidang pendidikan Bahasa Inggris, yang bisa berkarier sebagai tenaga pendidik maupun profesional seperti perancang da pengembang kurikulum, materi ajar dan media pembelajaran bahasa inggris, trainer, evaluator pembelajaran bahasa Inggris.

BIMBINGAN KONSELING S1 (Akreditasi B)

Bimbingan dan Konseling UTY terakreditasi B dan menyelenggarakan pendidikan untuk lulusan strata 1 BK yang profesional dengan penekanan pada pemanfaatan teknologi informasi untuk pemberian layanan profesionalnya. Menghasilkan tenaga-tenaga konselor dan pembimbing yang profesional dalam bidang pendidikan dan bimbingan karier yang adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Lulusan disiapkan bekerja sebagai pendidik, pelaksana teknis, supervisor BK dan secara khusus menjadi tenaga ahli konseling (konselor).

DATA SCIENCE S1 (Akreditasi C)

Menghasilkan Sumber Daya Manusia Unggul yang Mampu Menyelesaikan Berbagai Permasalahan di Industri 4.0

1. Data Analyst

Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk berpikir analitis  dan menerapkan teknik-teknik analisis data dengan menggunakan perangkat lunak yang telah tersedia untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di berbagai bidang industri.

2. Data Scientist

Menghasilkan lulusan yang menguasai konsep big data dan mampu membangun perangkat lunak berbasis kecerdasan buatan untuk menyelesaikan permasalahan di berbagai bidang industri.

Pendaftaran OnlineBiaya Pendidikan