Logo UTY
Tanpa Tes
Masih Tersedia

Tanpa Tes

Program Tanpa Tes di Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang menggunakan penilaian berdasarkan rapor SMA/SMK/MA dan prestasi lain tanpa melalui tes.

Biaya pendaftaran
Nilai rapor
Tes CBT
Tes Wawancara
Pendaftaran berakhir34 hari lagi

Batas akhir4 Mei 2025
Manfaat dan fasilitas
Program ini bertujuan untuk memberikan kemudahan proses bagi siswa SMA/SMK/MA untuk mendaftar kuliah di UTY dengan tetap memperhatikan faktor kualitas akademik siswa. Fasilitas bagi siswa yang mendaftar melalui program ini:
  • Siswa tidak perlu menjalani tes tertulis di Kampus UTY.
  • Seleksi didasarkan pada nilai rapor.
  • Jika memiliki prestasi akademik (sertifikat juara) akan mendapatkan tambahan nilai/poin
  • Mendapatkan keringanan Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA)
Syarat dan ketentuan
Siswa yang mendaftar melalui program ini harus memenuhi ketentuan berikut ini :
  1. Lulusan SMA/SMK/MA tahun 2024 atau akan lulus tahun 2025.
  2. Usia maksimal pendaftar adalah 22 tahun (pada 31 Desember 2025), pendaftar lahir 31 Desember 2003 atau sesudahnya.
  3. Nilai pengetahuan semua mapel pada rapor kelas X (semester 2) dan kelas XI (semester 3 dan 4), rata-rata per semester minimal 75.
  4. Rapor harus dalam bahasa Indonesia
  5. Khusus Program Studi Arsitektur dan Psikologi harus tidak buta warna.
  6. Pendaftar program studi Teknik Sipil dan Teknik Elektro harus dari SMA/MA jurusan IPA atau SMK bidang teknik.
  7. Bukan siswa home schooling atau Program Paket C. Siswa kategori ini dipersilakan mendaftar melalui program reguler tes di kampus.
  8. Bagi siswa yang tidak memenuhi ketentuan tersebut tidak diperkenankan mendaftar melalui program ini.
  9. Biaya pendaftaran Rp. 150.000 untuk 1 pilihan dan Rp. 200.000 untuk 2 pilihan.
Ketentuan batas waktu pendaftaran
  • Batas pembayaran pendaftaran adalah 2 x 24 jam setelah mendaftar.
  • Batas melengkapi berkas-berkas dan formulir pendaftaran 5 x 24 jam setelah mendaftar.
  • Contoh: pendaftaran tanggal 1 Januari (jam 10.00) maka batas pembayaran 3 Januari (jam 10.00) dan batas upload berkas 6 Januari (jam 10.00).
Alur pendaftaran
Berkas pendaftaran yang harus di unggah:
  1. Pas foto ukuran 3x4 (bebas, boleh hitam putih ataupun berwarna).
  2. Rapor semester 2 sampai semester 4.
  3. Rapor harus dalam bahasa Indonesia.
  4. Surat Pernyataan yang ditandatangani oleh siswa dan orang tua. Bagi siswa yang tidak tinggal bersama orang tua, boleh ditanda tangani wali. Format Surat pernyataan bisa diunduh saat melengkapi berkas.
  5. Sertifikat/Penghargaan (jika ada)
Pengumuman Hasil Seleksi
Pengumuman hasil seleksi Program GRATIS SPP paling lama 5 hari kerja setelah melengkapi berkas pendaftaran. Pengumuman diunduh melalui akun PMB masing-masing. Panitia TIDAK MENGIRIMKAN surat pengumuman melalui pos kepada pendaftar.
Keputusan panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat